Senator Amerka Kritik Sikap Trump

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Ketua Senat untuk Urusan Luar Negeri, Bob Corker, menganggap sikap Presiden Donald Trump dalam menghadapi Arab Saudi soal kasus pembunuhan Jamal Khashoggi menurunkan moral Amerika Serikat ke titik terendah. Pernyataan itu diutarakan Corker menanggapi sikap Trump yang bersumpah tetap akan menjadi "mitra setia" Saudi meski dirinya didesak untuk bisa bersikap lebih keras terhadap Riyadh terkait Khashoggi.

"Itu membawa bangsa kita ke titik yang sangat rendah terkait sikap moral yang bijaksana. Sikap tersebut mencerminkan bahwa jika Anda memuji kami (AS) dan membelanjakan banyak dengan kami, kami akan tutup mata terkait pembunuhan jurnalis yang Anda lakukan dan hal-hal lainnya," ucap Corker.

Senator dari Partai Republik itu menganggap pernyataan Trump mencerminkan moral AS hanya berorientasi pada uang, "bukan beberapa hal lain yang sangat kami hargai sebagai bangsa yakni hak asasi manusia dan masalah moral lainnya."

"Saya pikir meski tidak diragukan lagi Saudi merupakan sekutu, meski mereka adalah negara cukup penting di dunia, kedudukan moral AS sebagai bangsa tengah diuji. Saya tidak tahu kenapa dia bisa bersikap seperti itu," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI