Sepuluh Pemimpin Negara ASEAN Bakal Hadiri Republic Day India 2018

INDIA, KRJOGJA.com – Sepuluh pemimpin negara-negara ASEAN dijadwalkan akan menghadiri Republic Day India yang jatuh pada 26 Januari 2018. Menurut Secretary of East India, Preeti Saran, hal tersebut merupakan sesuatu yang bersejarah.

"Kehadiran 10 pemimpin ASEAN merupakan kejadian bersejarah bagi kami. Hal tersebut memperlihatkan pentingnya hubungan antara India dengan masing-masing negara ASEAN," ujar Saran dalam rilisnya kepada media, Rabu (24/1/2018).

Hal tersebut tak terlepas sejak berubahnya nama kebijakan dari Look East menjadi Act East pada 2014, di mana India melakukan pendekatan yang lebih dinamis, tak hanya untuk ASEAN, tapi juga wilayah Asia-Pasifik yang lebih luas.

Menurut Saran, Act East pun tak hanya mencakup soal ekonomi, namun juga tentang keamanan dan juga budaya.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Kementerian Luar Negeri India, Saran juga menyampaikan bahwa India memiliki sejarah kuat dengan negara-negara ASEAN.

Ia menyebut Ramayana untuk menunjukkan hubungan India dengan ASEAN telah terjalin selama ribuan tahun, yang dihubungkan baik dari jalur maritim maupun darat.

Tak hanya di Indonesia, kisah Ramayana dari India juga tersebar di seluruh negara ASEAN, tentunya dengan penyesuaian dari masing-masing negara.(*)

Baca Juga: Sektor e-Commerce Jadi 'Senjata' Presiden untuk Gandeng India

BERITA REKOMENDASI