Serangan Amerika Tewaskan Jenderal Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Mayor Jenderal Qasem Soleimani merupakan perwira militer senior Iran yang tewas dalam serangan udara Amerika Serikat di Bandara Baghdad, Irak, pada Jumat (03/01/2019). Soleimani tewas saat pesawat yang ia tumpangi tertembak roket tak lama setelah mendarat di Bandara Baghdad.

Soleimani bukan orang sembarangan. Dia dinilai sebagai salah satu tokoh paling populer dan berpengaruh di Iran.

Ia dipandang sebagai musuh mematikan oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Kematiannya diperkirakan bakal membangkitkan amarah rezim Iran yang memang memiliki bara permusuhan dengan AS, usai Revolusi 1979 yang berhasil menggulingkan kekuasaan Syah Reza Pahlevi.

Bagi para musuh-musuh Teheran, Soleimani dipandang sebagai arsitek utama yang berhasil memperkuat pengaruh Iran di kawasan. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menjaga hubungan baik dan menjadikan milisi-milisi Syiah di Timur Tengah sebagai sekutu Iran.

Cara itu dinilai tepat karena efektif untuk membantu Iran mengusir ISIS di Suriah dan Irak, serta mengimbangi kekuatan Arab Saudi dan Israel yang merupakan musuh bebuyutan di kawasan.

Soleimani pernah merasakan bertempur dengan Irak pada 1980-an. Dia bahkan masuk sebagai 100 orang paling berpengaruh versi majalah TIME dua tahun lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI