Serangan Bom Meledak Dekat Piramida

Editor: Ivan Aditya

MESIR, KRJOGJA.com – Sebuah ledakan bom terjadi pada Jumat (28/12/2018) di pinggir jalan tak jauh dari obyek wisata Piramida Giza dan menghantam bus pariwisata. Tiga wisatawan Vietnam dan seorang pemandu wisata warga negara Mesir tewas.

Pernyataan resmi dari kejaksaan mesir menyebut 11 wisatawan lainnya dari Vietnam dan supir bus terluka akibat ledakan bom tersebut. Perangkat peledak ditempatkan di dekat dinding di Jalan Mariyutiya, tak jauh dari lokasi obyek wisata Piramida Giza.

Bus itu membawa 16 orang, terdiri dari 14 wisatawan Vietnam, seorang pengemudi dan pemandu wisata. Personel keamanan bersenjata dengan cepat dikerahkan ke lokasi dan menutup area untuk diperiksa.

Perdana Menteri Mostafa Madbouli mengunjungi para wisatawan yang terluka di rumah sakit dan mengumumkan bahwa pemandu wisata itu meninggal karena luka-lukanya.

Madbouli mendesak agar tidak "membesar-besarkan" insiden itu dan bersikeras bahwa tidak ada negara di dunia yang dapat menjamin bahwa negaranya 100 persen aman. "Mungkin saja suatu peristiwa (bom) terjadi di sini atau di sana," katanya kepada wartawan.

Sementara itu, hingga kini belum diketahui pelaku dibalik serangan bom tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI