Serangan Militer Filipina, 70 Militan Abu Sayaf Tewas

MANILA (KRjogja.com)  – Militer Filipina mengatakan bahwa mereka telah membunuh 70 militan Abu Sayyaf dan menangkap 30 orang lainnya. Jumlah korban tewas itu didasarkan pada serangan yang dilakukan sejak Juli terhadap militan Abu Sayyaf. Selama ini, kelompok militan Abu Sayyaf telah mengancam keselamatan pelaut dari berbagai negara. Mereka menculik para pelaut yang berasal dari negara-negara tetangga dan meminta uang tebusan dalam jumlah besar kepada pihak pemerintah. 

Juru Bicara Militer Filipina Kolonel Edgard Arevalo mengatakan bahwa 34 orang militan telah menyerah akibat tekanan dari serangan pasukan militer di Provinsi Sulu dan Basilan. Demikian sebagaimana dilansir Wall Street Journal, Selasa (1/11/2016). 

Presiden Duterte telah memerintahkan militer Filipina untuk menghancurkan militan Abu Sayyaf. Mereka dituduh telah menculik awak kapal tunda yang merupakan warga Malaysia dan Indonesia. Ancaman kelompok Abu Sayyaf bahkan mendorong tiga negara untuk memetakan strategi bersama guna memperkuat keamanan perbatasan laut. Pada pekan depan, Presiden Duterte berencana membahas ancaman militan Abu Sayyaf saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Malaysia. (*)

BERITA REKOMENDASI