Serangan Tentara Amerika Tewaskan 150 Anggota ISIS

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Koalisi pimpinan Amerika Serikat mengklaim telah menewaskan sekitar 150 pasukan ISIS dalam satu  serangan udara. Klaim itu disampaikan oleh juru bicara koalisi, Kolonel Ryan Dillon. Serangan yang dilakukan pada Sabtu itu mengincar markas besar serta pusat komando dan pengendalian ISIS.

Dia juga mengatakan serangan itu melibatkan informasi intelijen yang dikumpulkan lewat beragam intelijen koalisi dan kelompok bersenjata Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) selama lebih dari satu pekan.

Pernyataan koalisi menyebut lokasi yang diserang secara eksklusif ditempati oleh pasukan ISIS dan terus dipantau sebelum dihantam. Karena itu, kecil kemungkinan jatuh korban sipil dalam serangan kali ini.

Dillon mengatakan serangan tersebut dilakukan di As Shafah, di pertengahan Lembah Sungai Euphrates, area di mana ISIS masih terus beroperasi.

Seorang pejabat militer AS menyatakan serangan itu dilakukan menggunakan jet tempur F/A-18 dan pesawat nirawak atau drone. Kapal induk USS Theodore Roosevelt kini tengah berada di Teluk untuk mendukung operasi melawan ISIS di Suriah.

"Tampaknya mereka tengah berkumpul untuk melakukan sebuah gerakan," kata Dillon, menyoroti jarangnya ISIS berkumpul dalam kelompok sebesar itu. (*)

BERITA REKOMENDASI