Setiap Negara Harus Bersatu Perangi COVID-19

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi digelar secara daring mulai Selasa (15/9/2020) waktu New York, Amerika Serikat. Salah satu isu krusial yang akan dibahas dalam pertemuan itu adalah penanggulangan pandemi virus corona.

Tim KRjJOGJA.com berkesempatan untuk mewawancarai Presiden Sidang Majelis Umum PBB ke-75, Volkan Bozkir dalam konferensi pers hybrid, Rabu (16/9/2020) waktu Indonesia. Bozkir menekankan bahwa setiap negara harus bersatu untuk memerangi pandemi virus Corona.

“Tidak ada negara yang dapat memerangi pandemi ini sendirian. Ini adalah tanggung jawab kita semua untuk memperkuat kepercayaan rakyat dalam kerja sama multilateral dan lembaga internasional, dengan PBB sebagai pusatnya,” kata Bozkir yang merupakan diplomat Turki itu.

Bozkir yang merupakan suksesor Tijjani Muhammad-Bande mengingatkan agar setiap negara tidak melakukan langkah sepihak atau berjalan sendiri dan merugikan yang lain. “Pandemi telah digunakan untuk membenarkan langkah sepihak dan melemahkan sistem internasional. Organisasi internasional telah dicela dan kebutuhan kerja sama internasional dipertanyakan,” bebernya.

Bozkir mengungkapkan dialog yang jujur, transparan dan berorientasi pada hasil diperlukan untuk penanggulangan virus Korona ini. “Unilateralisme itu hanya akan memperkuat pandemi. Ini akan menjauhkan kita dari tujuan bersama,“ tandasnya.

Sementara, dalam pidato perpisahannya, Muhammad-Bande mengatakan munculnya virus Corona ini menunjukkan perlunya memperdalam kerjasama multilateral di bidang kesehatan serta bidang lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan upaya nasional dan global, membangun dunia yang lebih sehat untuk semua.(R-1)

BERITA REKOMENDASI