Siap Perang Lawan China, Taiwan Kerahkan Armada Tempur

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Taiwan meluncurkan jet latih canggih Brave Eagle yang mereka bangun sendiri. Jet tersebut merupakan bagian dari strategi pertahanan Taiwan dalam menghadapi tekanan China yang semakin kuat. Presiden Tsai Ing-wen menghadiri peresmian penerbangan publik perdana jet latih canggih (AJT) Yung Yin (Brave Eagle) itu. Dia menggambarkan uji terbang itu sebagai momen bersejarah.

“Hari ini adalah hari besar bagi angkatan udara Republik China dan juga bagi industri kedirgantaraan local. Ini adalah bagian penting demi mewujudkan kemandirian pertahanan kita,” kata Tsai.

Taiwan selama ini berada di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China. Beijing menganggap Taiwan sebagai wilayah mereka dan bersumpah akan merebut, meski dengan kekerasan, terutama jika negara itu mendeklarasikan kemerdekaan.

Jika menghitung kekuatan, pasukan Taiwan kalah jumlah dengan Tentara Pembebasan Rakyat China yang sangat besar. Kondisi itu diperparah ketika negara-negara barat semakin waspada menjual sistem senjata canggih ke Taiwan karena takut menimbulkan kemarahan Beijing.

Hal tersebut mendorong Taiwan untuk mengembangkan persenjataan sendiri, termasuk rudal, kapal dan jet tempur latih. Tsai sendiri tidak disukai Beijing karena dia memandang Taiwan sebagai negara berdaulat de facto dan bukan bagian dari China. (*)

BERITA REKOMENDASI