Sidang Umum PBB Perpisahan untuk Ban Ki-moon

Editor: Ivan Aditya

NEW YORK (KRjogja.com) – Sidang Umum PBB yang berlangsung mulai awal pekan ini sampai dengan pertengahan Desember 2016 mendatang menjadi momentum unik dan juga bersejarah buat Presiden AS Barack Obama dan Sekjen PBB Ban Ki-moon. Pasalnya sidang umum PBB yang tiap tahun digelar mulai minggu ketiga September sampai pertengahan Desember itu, menjadi perpisahan buat Obama dan Ki-moon dengan para pemimpin dunia dari lebih 200 negara. Keduanya akan segera mengakhiri masa jabatan secara bersama-sama, hanya selang 20 hari.

Obama akan mengakhiri masa jabatannya pada pertengahan Januari 2017, sedangkan Ki-moon akan mengakhiri jabatannya pada akhir Desember 2016 ini. Momentum seperti, diakui Sekjen PBB, adalah hal yang sangat jarang. Oleh karena itu, dalam acara jamuan makan siang yang dihadiri para pejabat PBB dan pemimpin dunia, persulangan yang dilakukan Obama dan Sekjen PBB merupakan yang terakhir. Mereka tak akan lagi bertemu dalam jabatan yang diemban saat ini karena keduanya akan segera menjadi warga biasa.

Ban Ki-moon mengatakan, jamuan makan siang kali ini sangat unik, dan baru pertama kali terjadi dalam sejarah PBB, masa jabatan Sekjen berakhir bersamaan dengan masa jabatan Presiden AS. SElain itu, momentum kali ini juga jadi pertemuan terakhir antara Obama dan Ki-moon dengan para pemimpin dunia.

Pada sidang umum PBB tahun depan, para pemimpn dunia tak akan lagi bertemu Ki-moon dan Obama.Tak heran, jika jamuan makan dalam sidang PBB kali ini menjadi sangat spesial. "Belum pernah terjadi presiden AS dan sekjen PBB mengakhiri masa tugas mereka hampir bersamaan, hanya selang 20 hari," ujar Sekjen PBB. (*)

BERITA REKOMENDASI