Trump Dianggap Mencoba Memecah Belah Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sikap Presiden Amerika, Donald Trump dinilai memecah belah rakyat negeri Paman Sam. Trump selama ini dianggap tak pernah menyatukan keberagaman namun justru sebaliknya membuat perbedaan semakin terasa. Pernyataan pedas itu dilontarkan Mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis.

“Donald Trump merupakan presiden pertama dalam hidup saya yang tidak mencoba untuk menyatukan orang-orang Amerika. Sebaliknya ia mencoba memecah belah kita. Kami menyaksikan konsekuensi selama tiga tahun tanpa kepemimpinan yang matang,” tulis Mattis dalam sebuah pernyataan.

Menurutnya rakyat Amerika sebenarnya bisa bersatu tanpa pengaruh Trump. Namun sikap, pernyataan dan kebijakanan-kebijakan Trum membuat persatuan itu semakin jauh terwujud.

Sikap Trump dalam menghadapi gelombang unjuk rasa selama sepekan terakhir telah menuai kritik dari banyak pihak. Trump sempat mengancam untuk mengerahkan militer dalam menghadapi demonstran.

Rencananya itu menuai protes dari gubernur di sejumlah negara bagian hingga Menteri Pertahanan AS Mark Esper. Dalam sebuah kesempatan Esper mengatakan jika pasukan militer hanya boleh diterjunkan sebagai upaya terakhir dan dalam situasi yang mendesak dan mengerikan. (*)

BERITA REKOMENDASI