Simpatisan ISIS Serbu Penjara di Filipina

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA (KRjogja.com) – Kelompok ekstremis simpatisan ISIS menyerbu sebuah penjara di Filipina Selatan, menyebabkan 28 tahanan berhasil kabur. Sekitar 50 orang bersenjata dari kelompok Maute menyerang penjara di kota Marawi pada Sabtu (27/08/2016). Mereka berhasli membebaskan delapan orang napi dari kelompok Maute yang ditahan seminggu lalu.

Kepala polisi Agustine Tello mengatakan, 20 tahanan lainnya yang dipenjara karena berbagai kejahatan juga kabur dalam peristiwa itu. Kedelapan anggota Maute yang bebas ditahan pada 22 Agustus lalu setelah tentara di pos pemeriksaan menemukan bom rakitan dan pistol dari mobil yang mereka kendarai.

Kelompok Maute adalah satu dari banyak geng kriminal di wilayah mayoritas Muslim Mindanao. Mereka berada di balik pengeboman dan penculikan di tengah pertempuran dengan militer di kota Butig, Mindanao, pada Februari lalu.

Pertempuran itu berlangsung selama sepekan, menyebabkan banyak korban tewas dan memaksa puluhan ribu warga mengungsi. Filipina saat itu mengeluarkan helikopter untuk menembaki militan dari udara. (*)

BERITA REKOMENDASI