Singapura Bakal jadi Tempat Pertemuan Trump dan Kim Jong-un

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan memilih Singapura sebagai tempat pertemuan bersejarah mereka pertengahan Juni mendatang. Kabar itu dilansir dua media Korea Selatan, Chosun Ilbo dan kantor berita Yonhap.

Jika benar artinya pertemuan Trump-Kim mundur dari kabar sebelumnya yakni akhir Mei, menjadi minggu ketiga Juni. Perubahan tanggal tersebut tampaknya menunggu pertemuan negara maju G-7, yang digelar 8-9 Juni di Kanada.

Meski begitu, dengan sikap Trump yang tidak dapat ditebak, tetap terbuka kemungkinan dia berubah dan memilih pertemuan di Desa Panmunjom di Zona Demiliterisasi (DMZ). Jumat pekan lalu, Trump memastikan bahwa tempat dan waktu pertemuannya dengan Kim Jong-un telah ditetapkan. Meski begitu, dia tidak menyebutkan detilnya.

"Kini kami telah memiliki tanggal dan lokasi," kata Trump kepada wartawan. "Kami akan segera mengumumkannya.

Selain Singapura, kalangan pengamat juga berspekulasi bahwa Presiden AS dan pemimpin Korut itu bisa bertemu di Mongolia, dimana Kim Jong-un bisa bepergian dengan kereta apinya yang tahan peluru. Presiden Joko Widodo juga menawarkan Indonesia sebagai tempat pertemuan keduanya. (*)

BERITA REKOMENDASI