Singapura Buat Paket Ekonomi Senilai US$6,4 M

Editor: Ivan Aditya

SINGAPURA, KRJOGJA.com – Singapura membuat empat paket stimulus ekonomi senilai US$6,4 miliar atau sekitar 4,6 miliar dolar Singapura untuk menekan dampak penyebaran virus corona.

Menteri Keuangan Heng Swee Keat mengungkapkan walau dampak wabah virus corona belum dirasakan, pemerintah memerlukan rencana untuk berjaga-jaga. Salah satunya dengan menyiapkan stimulus ekonomi yang merupakan bagian dari anggaran tahunan. “Kami harus siap. Dampak ekonomi mungkin lebih buruk daripada yang kami proyeksikan,” ujar Swee Keat.

Pemerintah Singapura membagi paket stimulus menjadi dua bagian. Pertama, paket senilai 5,6 miliar dolar Singapura disediakan untuk membantu perusahaan dan masyarakat keluar dari perlambatan ekonomi.

Paket ini diutamakan untuk sektor penerbangan, pariwisata, dan ritel. Pemerintah juga menyediakan uang tunai dan voucher belanja bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bagian kedua, paket senilai 800 juta dolar Singapura disisihkan untuk mendukung penanggulangan virus corona, yang sebagian besar diserahkan ke Kementerian Kesehatan.

Meski pengadaan paket stimulus akan menghasilkan defisit anggaran sebesar 10,9 miliar dolar Singapura, Swee Keat mengatakan pemerintah masih memiliki profit yang cukup untuk mendanainya. (*)

BERITA TERKAIT