Singgasana Raja Arthur Ditemukan

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS (KRjogja.com) – Para arkeolog telah menemukan dinding setebal sekitar satu meter di tempat kelahiran Raja Arthur, Tintagel Castle, Cornwall, Inggris dalam penggalian pertama proyek English Heritage. Tempat tersebut diyakini arkeolog sebagai kediaman penguasa Inggris yang tinggal di abad ke 6 tersebut.

Dinding yang ditemukan tersebut diduga merupakan bagian dari kursi singgasana raja yang berasal dari kerajaan Dumnonia dari abad pertengahan. Penemuan lainnya yang ditemukan di sekitar lokasi mencakup sejumlah gerabah dari Mediterania timur yang digunakan untuk minyak zaitun dan anggur, serta gelas yang berasal dari Merovingian dan peralatan makan Phocaean dari pantai barat Turki.

Seorang penemu dari English Heritage Winn Scutt mengatakan, “Lokasi ini merupakan kompleks bangunan dan sejak tahun 80-an banyak orang berpendapat lokasi ini merupakan pusat kerajaan, yaitu pusat kerajaan Dumnonia.”

Sebelumnya, beberapa bangunan telah digali oleh arkeolog Inggris Ralegh Radford sekitar tahun 1930. Radford mengira dinding tersebut merupakan bagian dari sebuah biara. Scutt juga menyatakan bahwa kekayaan yang ditemukan di Tintagel menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu situs penting di Eropa Barat.

English Heritage telah menunjuk Cornwall Archaeological Unit (CAU) untuk melaksanakan penggalian yang menjadi proyek besar pertama yang diadakan di daerah tersebut sejak tahun 1990. Namun penggalian ini sampai sekarang belum bisa menjawab teka teki tentang Raja Arthur, yang menjadi penguasa legendaris di Tintagel Castle. (*)

BERITA REKOMENDASI