Solat Id Hingga Santapan Gulai Kambing Warnai Perayaan Idul Adha di Norwegia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Perayaan Idul Adha tahun 2019 kali ini terasa cukup spesial dan meriah. Di tengah udara dingin, terdengar lantunan takbir dari ratusan warga Muslim Indonesia yang tinggal di Kota Oslo dan sekitarnya yang bersama-sama menunaikan ibadah Solat Idul Adha yang dilanjutkan dengan halal bihalal di Wisma Duta Besar RI untuk Norwegia dan Islandia. 

Bertindak sebagai imam dan khotib pada sholat adalah Bapak Abdullah Suyuti, seorang WNI yang sudah lama menetap di Norwegia. Dalam ceramahnya,  Suyuthi menyampaikan pentingnya bagi seluruh warga masyarakat Indonesia, terutama yang berada di Norwegia untuk menjaga persaudaraan dan persatuan, tanpa memandang latar belakang suku, ras, agama, dan golongan, sebagai salah satu upaya meneladani ibadah haji yang dilakukan jutaan umat Muslim di Mekkah.

Duta Besar Todung Mulya Lubis juga turut mengawali perayaan Hari Raya Idul Adha dan halal bihalal dengan menyampaikan harapan agar perayaan Idul Adha ini dapat dimanfaatkan untuk mempererat jalinan silaturahmi, baik antar masyarakat Indonesia di Norwegia ataupun dengan kerabat yang berada jauh di Indonesia. 

Duta Besar Mulya Lubis juga menyampaikan himbauan agar masyarakat Indonesia di Norwegia, untuk dapat lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, pasca terjadinya serangan penembakan di Al Noor Islamic Centre di Bærum, Norwegia pada tanggal 10 Agustus 2019 lalu.

"Peristiwa ini memang sangat mengagetkan. Hal ini membuktikan bahwa potensi terjadinya serangan dan terror dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk di Norwegia yang terkenal aman ini. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat tetap tenang, selalu meningkatkan kewaspadaan, dan mengikuti perkembangan situasi, serta dapat meningkatkan komunikasi dengan sesame WNI di Norwegia," demikian disampaikan Duta Besar Mulya Lubis. (*)

BERITA REKOMENDASI