Soviet Sebut Mahmoud Abbas Agen KGB

Editor: Ivan Aditya

RUSIA (KRjogja.com) – Sebuah dokumen era Uni Soviet menyebut presiden otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, adalah seorang agen KGB (dinas rahasia uni Soviet) pada tahun 1983. Begitu laporan yang diturunkan media Israel, Channel 1.

“Informasi mengenai Abbas berasal dari dokumen dalam arsip Vasili Mitrokhin,” tulis jurnalis Channel 1 Israel, Oren Nahari di akun Twitternya.

Nahari mengatakan tidak diketahui apakah Abbas tetap menjadi agen Soviet setelah tahun 1983. Mitrokhin adalah adalah mantan agen KGB yang membelot ke Inggris setelah jatuhnya Uni Soviet. Mitrokhin membawa sejumlah informasi berharga.

Catatan Mitrokhin yang telah diedit ini dirilis pada tahun 2014. The Times of Israel melaporkan meski diedit, data-data tersebut tetap diklasifikasikan oleh dinas intelijen militer Inggris, MI5. Mitrokhin sendiri meninggal pada 2004 lalu.

Abbas diketahui telah belajar di Moskow pada awal tahun 1980 dan mengunjungi ibukota Soviet pada awal 1980-an untuk mempertahankan tesis doktoralnya di Institut Studi Oriental. (*)

BERITA REKOMENDASI