Spanyol Tangkap Dua Pemimpin Catalunya

Editor: Ivan Aditya

SPANYOL, KRJOGJA.com – Spanyol bergerak semakin dekat pada pencabutan otonomi Catalonia untuk menggagalkan upaya kemerdekaannya, sementara Mahkamah Agung Madrid memberi sinyal keras dengan memenjarakan dua pemimpin organisasi separatis terbesar.

Pertama kali memenjarakan tokoh pro-kemerdekaan sejak referendum 1 Oktober lalu, mahkamah memerintahkan kepala Dewan Nasional Catalan (ANC) dan Omnium ditahan tanpa kesempatan penangguhan sementara penyelidikan terkait penghasutan masyarakat berjalan, Senin waktu setempat (16/10/2017).

Jaksa menyatakan Jordi Sanchez dari ANC dan Jordi Cuixart dari Omnium memainkan peran sentral dalam menggerakkan protes pro-kemerdekaan di mana polisi nasional diperangkap di dalam sebuah bangunan dan kendaraannya dihancurkan, bulan lalu.

Sekitar 200 orang berbondong ke kantor utama pemerintah Catalan di Barcelona dalam rangka mendukung kedua laki-laki tersebut. Dalam aksi damai itu, orang-orang menyanyikan kata "kebebasan" dan mengibarkan spanduk "demokrasi."

ANC yang mengorganisir protes ratusan ribu orang di masa lalu kini meminta lebih banyak aksi damai dilakukan di Catalonia Selasa ini. (*)

BERITA REKOMENDASI