Sub Varian Baru Covid-19 Omicron Muncul di China

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China menemukan sub varian baru Covid-19 Omicron di sekitar Shanghai saat kasus virus corona di Negeri Tirai Bambu melonjak drastis dalam beberapa waktu terakhir. Varian baru Omicron itu yakni BA.1.1. Virus ini telah menginfeksi pasien di kota Suzhou dengan gejala ringan. Kota ini terletak 80 kilometer dari Shanghai.

Pengamat mengatakan subtipe ini tak sama dengan strain virus corona yang menyebar luas di China atau negara lain. Namun, BA.1.1 memicu kekhawatiran lantaran bisa menimbulkan ancaman lebih besar di kota dekat Shanghai itu.

Salah satu kota di utara China, Dalian, juga menemukan kasus Covid-19 yang berbeda dengan subtipe itu. Penemuan varian baru itu mencuat saat China tengah meghadapi kenaikan kasus Covid-19.

China melaporkan kasus harian dengan 13.146 kasus. Jumlah ini merupakan yang tertinggi sejak virus corona melanda negara tersebut. Sementara itu, Shanghai, yang tengah mengalami ‘tsunami’ Covid-19 melaporkan kasus harian lebih dari 8.000, termasuk 7.788 tanpa gejala. (*)

BERITA REKOMENDASI