Surat Mahatma Gandhi Dijual Rp 687 Juta

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sepucuk surat yang ditulis tokoh kemerdekaan India, Mahatma Gandhi, mengenai Yesus Kristus, dijual oleh sebuah rumah lelang di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Surat bertanggal 6 April 1926 itu ditulis Mahatma Gandhi kepada Newberry Frantz, rekannya yang berada di Negeri Paman Sam.

Surat tersebut menjadi koleksi pribadi selama puluhan tahun. Rumah lelang Raab Collection kini menjualnya dengan harga USD50 ribu (setara Rp687 juta). Gandhi menulis kepada Frantz dari rumahnya di Sabarmati, Negara Bagian Gujarat.

“Teman, saya mendapat surat Anda. Saya takut tidak bisa mengikuti kredo yang Anda kirimkan. Pelanggan harus percaya bahwa manifestasi tertinggi dari realita tak terlihat adalah Yesus Kristus. Meski sudah berusaha keras, saya tidak bisa merasakan kebenaran dari pernyataan itu,” tulis Mahatma Gandhi dalam surat itu.

Tokoh kemerdekaan India yang ikonik itu dianggap sebagai bapak bangsa. Gandhi, sebagaimana diketahui, adalah seorang penganut agama Hindu yang taat. Ia kerap menulis mengenai filosofi agama Hindu serta beberapa ajaran. Surat itu adalah balasan kepada Frantz yang menanyakan respons Gandhi atas kiriman majalah Kekristenan.

Dalam pernyataan resminya, pihak Raab Collection mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan selama ini, belum ada surat Gandhi yang menyebut tentang Kristus yang beredar di pasaran. Mereka yakin sepucuk surat itu asli dan satu-satunya yang ditulis Mahatma Gandhi.

Surat tersebut bukan barang koleksi mengenai Mahatma Gandhi pertama yang dijual lewat lelang. Pada Februari 2013, sepucuk surat yang ditulis Gandhi terjual sekira 115 ribu poundsterling (setara Rp2,1 miliar). Surat tersebut diketik oleh Ganadhi ketika ditahan di India oleh tentara Inggris pada 1943 berisi tentang pembelaan untuk pembebasannya. (*)

BERITA REKOMENDASI