Suu Kyi Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Editor: Ivan Aditya

MYANMAR, KRJOGJA.com – Sidang perdana pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi akan digelar pekan ini. Suu Kyi diagendakan hadir dalam persidangan yang dilakukan melalui konferensi pers. Pengacara Khin Maung Zaw mengatakan bahwa Suu Kyi dan Presiden Wyn Myint diagendakan akan hadir dalam persidangan besok, Selasa 16 dan 17 Februari 2021.

“Saat mereka [Suu Kyi dan Wyn Myint] dibawa ke pengadilan pada 16 dan 17 Februari, mereka akan diperiksa melalui video conference,” kata Khin.

Khin juga mengatakan jika ia akan menjadi pengacara untuk Win Htein, seorang pejabat eksekutif Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang turut ditangkap oleh junta militer setelah kudeta.

Win ditangkap oleh junta militer pasca kudeta setelah diwawancara oleh media lokal. Dalam wawancaranya, Win menyerukan agar rakyat Myanmar menggelar protes untuk menentang kudeta militer. Khin mengatakan jika Win didakwa atas tuduhan pencemaran nama baik.

“Kami berusaha sebaik mungkin untuk bertemu dengan mereka,” kata Win mengacu pada sidang perdana ketiga kliennya.

Pengadilan Myanmar memperpanjang masa penahanan Suu Kyi yang berakhir Senin (15/02/2021). Khin mengatakan sampai saat ini dia tidak diizinkan untuk menemui kliennya. (*)

BERITA REKOMENDASI