Swedia Mulai Vaksinasi Dosis Keempat

Editor: Ivan Aditya

SWEDIA, KRJOGJA.com – Swedia berencana mulai memberikan dosis keempat vaksin Covid-19 bagi penduduk berusia 65 tahun ke atas sebagai penguat imun terhadap virus corona. Swedia terus menggenjot program vaksinasi Covid-19 di tengah tren infeksi harian yang terus menuru. Negara di utara Eropa itu bahkan telah mencatat nol kasus Covid-19 harian sejak 19 Maret lalu.

“Bagi penduduk yang berusia 65 tahun dan lebih (akan menerima vaksin keempat), sekarang sudah empat bulan sejak dosis vaksin sebelumnya, dan efek perlindungan vaksin berkurang dari waktu ke waktu,” demikian pernyataan Lembaga Kesehatan Swedia.

Sebelumnya, Swedia juga telah memberikan suntikan vaksin keempat bagi warga berusia 80 tahun atau lebih tua dari itu. Tren kasus Covid-19 yang menurun pun membuat Swedia mencabut seluruh aturan pembatasan Covid-19 pada awal Maret lalu.

Namun, tes Covid-19 skala besar yang juga turut dihentikan pemerintah membuat pihak berwenang kesulitan mengukur tingkat penyebaran virus corona saat ini di Swedia. Sejauh ini, jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif di Swedia juga mencatat rekor terendah dalam 18 bulan terakhir. (*)

BERITA REKOMENDASI