Syaih Bayah : Umat Islam Indonesia Bisa Dicontoh

ABU DHABI, KRJOGJA.com –  Ketua Forum Promosi Perdamaian di Masyarakat Muslim yang berada di Abu Dhabi, Syaikh Dr Abdullah bin Bayah menilai umat Islam Indonesia dapat menjadi contoh bagi umat Islam dunia lainnya. Karena umat Islam Indonesia selalu menampilkan Islam sebagai agama kasih sayang dan perdamaian. (dinul rahmah wa salamah).

"Untuk itu kami memberikan apresiasi kepada umat Islam Indonesia,” kata Syaikh Bayah ketika menerima Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Prof. Dr Din Syamsuddin dan rombongan di ruang kerjanya, Sabtu (10/3) sore. Kunjungan kepada Syaih Bayan di Abu Dhabi Uni Emirat Arab sebagai kelanjutan bertemu Grand Syaikh Al Azhar, Jumat sebelumnya.

Sebagaimana diketahui  kantor UKP-DKAAP ini merupakan bagian dari upaya mempromosikan pengalaman Indonesia dalam mengembangkan ‘Wasathiyat Islam’ ke dunia. Pada 1-3 Mei Kantor UKP-DKAAP akan mengadakan Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia di Bogor. 

Kunjungan Din dalam rangka menyampaikan undangan Presiden RI pada para ulama untuk menghadiri KTT tersebut. Dalam siaran pers yang diterima Minggu (11/3) dinihari, Din menyebutkan bahwa KTT Bogor tersebut akan dihadiri oleh sekitar 50 ulama dan cendikiawan muslim dari berbagai dunia.

Din Syamsuddin menjelaskan Bangsa Indonesia khususnya umat Islam sudah mengamalkan prinsip Islam yang 'wasathy' baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara. "Sistem kenegaraan Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 mencerminkan nilai-nilai Islam yang wasatiyah,” ungkap mantan Ketua Umum  PP Muhammadiyah tersebut.

Din menyebutkan undangan Presiden Jokowi tampaknya mendapat apresiasi. Hal ini tampak dari kesediaan para tokoh dan ulama dunia yang menyatakan kesediaaan hadir dalam KTT Bogor mendatang. Diharapkan, lanjut Penasehat MUI, wasathiyat Islam akan barmakna besar bagi perkembangan Islam di dunia. (Fsy)

BERITA REKOMENDASI