Taiwan Siapkan Rudal Buatan Amerika untuk Hadapi China

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat sepakat memperbarui sistem pertahanan rudal Patriot milik Taiwan senilai US$620 juta atau Rp8,9 triliun. Pembaruan alat utama sistem pertahanan (alutsista) ini dilakukan Taiwan di tengah ancaman provokasi China yang terus meningkat.

“Penerima (Taiwan) akan menggunakan kemampuan alat-alat tersebut sebagai sistem pertahanan terhadap ancaman regional dan memperkuat pertahanan dalam negeri. Penerima tidak akan mengalami kesulitan menggunakan peralatan ini menjadi bagian dari angkatan bersenjatanya,” kata Kementerian Luar Negeri AS.

Kemlu AS menuturkan Taiwan telah mengajukan minat membeli sejumlah komponen demi meningkatkan kapasitas dan kapabilitas rudal Patriot demi mendukung masa operasional senjata itu selama 30 tahun. Perusahaan industri pertahanan AS, Lockheed Martin, akan menjadi kontraktor utama pembaruan sistem rudal tersebut.

Langkah ini kemungkinan memicu amarah China terhadap Taiwan dan AS. China menganggap Taiwan sebagai wilayah pembangkang yang ingin memerdekakan diri. (*)

BERITA REKOMENDASI