Taiwan Tetap Ingin Beli Senjata dari Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Hubungan Taiwan dan China yang mendingin, tidak menghalangi niat Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen membeli senjata dari Amerika Serikat. Pernyataan itu, tentu saja membuat China, yang masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari negaranya, semakin murka.

Adapun alasan Amerika Serikat menyetujui pembelian senjata dari Taiwan, karena kerjasama tersebut meningkatkan lapangan kerja di setidaknya, enam negara bagian.

“Belanja militer Taiwan mendorong perkembangan ekonomi lokal dan meningkatkan lapangan kerja di Alabama, Arizona, Florida, Utah, Ohio dan Pennsylvania," demikian pernyataan pemerintah AS.

Perusahaan produsen senjata seperti Raytheon Co, Lockheed Martin Co, Boeing Co, Sikorsky dan BAE Systems PLC, mendapatkan keuntungan besar dari belanja Taiwan untuk keperluan sistem pertahanan misil, helikopter serbu, pesawat tempur, serta kendaraan tempur lainnya. Taiwan juga menegaskan, kendati mereka juga berusaha menciptakan sistem pertahanan domestik, pembelian senjata dari AS tetap akan berlanjut. (*)

BERITA REKOMENDASI