Tak Ada WNI Jadi Korban Gempa Turki

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Kedutaan Besar RI di Ankara menyatakan sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban pada Jumat (30/10/2020) waktu setempat.

“Hasil jaring informasi kepada seluruh anggota Satgas Perlindungan WNI di seluruh kota yang terdampak, hingga pukul 23.16 waktu Ankara, tidak ada WNI yang terkena dampak langsung gempa bumi,” kata KBRI Ankara.

Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 98 WNI yang tinggal di Izmir dan daerah sekitarnya yang terdampak. Sebagian besar WNI berprofesi sebagai pekerja spa dan mahasiswa.

Sementara di seluruh Turki, terdapat sekitar 5.000 WNI yang sebagian besar yaitu 2.700 orang merupakan mahasiswa dan 1.500 orang bekerja di jasa spa. Sebagai upaya perlindungan WNI, KBRI Ankara telah mengaktifkan nomor hotline yang dapat dihubungi oleh WNI yang membutuhkan bantuan.

Selain berkoordinasi dengan otoritas setempat, KBRI Ankara dan Satgas Perlindungan WNI di Turki juga terus mengumpulkan informasi dari simpul-simpul masyarakat Indonesia di wilayah terdampak gempa.

Menurut keterangan tersebut, Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) dan Komando Batalyon Pencarian dan Penyelamatan Gendarmerie (JAK) telah mengirimkan personel dan kendaraannya ke wilayah terdampak dengan menggunakan tiga pesawat kargo militer dari Ankara, Erzurum, dan Diyarbakir.

Pemerintah setempat juga telah mengirimkan bantuan seperti menyediakan 960 tenda, 4.500 selimut, 3.672 tempat tidur, 3.000 bantal, dan 3.000 set sprei. (*)

BERITA REKOMENDASI