Tak Lama Lagi Trump Resmi Larang TikTok

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika, Donald Trump dalam waktu dekat bakal mengumumkan larangan aplikasi asal China TikTok. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Pompeo mengatakan TikTok dilarang demi melindungi keamanan nasional AS. Menurutnya, TikTok dan perusahaan perangkat lunak China lainnya yang beroperasi di AS seperti WeChat telah memberikan data pribadi warga AS kepada Partai Komunis China.

Selama bertahun-tahun AS menggunakan aplikasi ini karena warga Amerika merasa senang menggunakannya. “Presiden Trump mengatakan, ‘Cukup’, dan kami akan memperbaikinya,” kata Pompeo.

Pompeo mengatakan data pribadi warga AS yang dikumpulkan oleh perusahaan seperti TikTok bisa berupa pola pengenalan wajah, informasi tempat tinggal, nomor telepon, dan teman-teman yang terhubung dengan pengguna.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin juga mengatakan TikTok harus dijual atau diblokir. Mnuchin tidak berkomentar langsung tentang ancaman Trump pada Jumat untuk melarang aplikasi TikTok yang begitu populer. (*)

BERITA REKOMENDASI