Taliban Bebaskan 20 Tahanan Perang

Editor: Ivan Aditya

AFGHANISTAN, KRJOGJA.com – Taliban akan membebaskan 20 tahanan di kota Kandahar, Afghanistan, sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat.

“Hari ini, 20 tahanan dari pemerintahan kabul akan dibebaskan dan akan diserahkan kepada perwakilan Palang Merah,” tulis juru bicara Taliban Suhail Shaheen.

Kabar pembebasan ini datang setelah kepala kepala pasukan AS dan NATO di Afghanistan melakukan pertemuan dengan para pemimpin Taliban. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak sepakat untuk mengurangi kekerasan yang terjadi selama bertahun-tahun di Afghanistan.

Washington menandatangani kesepakatan dengan Taliban pada Februari lalu. Poin kesepakatan tersebut termasuk gencatan senjata dan pembebasan tahanan oleh Taliban dan Afghanistan.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, AS sepakat untuk menarik pasukannya dari Afghanistan secara bertahap mulai Maret. AS mengatakan penarikan pasukannya dilakukan jika kelompok militan sudah mulai melakukan pembicaraan dengan Kabul dan mematuhi jaminan lainnya.

Dalam kesepakatan tersebut, AS juga menuntut pemerintah Afghanistan untuk membebaskan 5.000 tahanan Taliban. Sebagai imbalannya, kelompok militan diminta untuk membebaskan 1.000 tawanan pro-pemerintah. (*)

BERITA REKOMENDASI