Taliban Kuasai Penuh Afghanistan

Editor: Ivan Aditya

AFGHANISTAN, KRJOGJA.com – Taliban mengklaim telah mengambil kendali penuh atas Afghanistan, termasuk Lembah Panjshir yang menjadi basis pasukan penentang kelompok itu pimpinan Ahmad Massoud. Tiga sumber Taliban mengatakan tembakan perayaan terdengar di ibukota Afghanistan, Kabul.

“Dengan rahmat Allah SWT, kami mengendalikan seluruh Afghanistan. Para pembuat onar telah dikalahkan dan Panjshir sekarang berada di bawah komando kami,” kata seorang komandan Taliban.

Namun, belum ada konfirmasi atas klaim tersebut. Sebelumnya, Mantan Wakil Presiden Amrullah Saleh, salah satu pemimpin pasukan penentang mengatakan kepada stasiun televisi Tolo News bahwa laporan kalau dia telah melarikan diri dari negara itu bohong.

Sehari sebelum klaim ini, Taliban menyatakan bahwa mereka telah mengepung Lembah Panjshir. Dalam rekaman pidato yang ditujukan kepada warga Afghanistan di Lembah Panjshir, pemimpin senior Taliban, Amir Khan Motaqi, meminta para pemberontak meletakkan senjata mereka dan berunding. “Emirat Islam Afghanistan adalah rumah bagi semua warga Afghanistan,” kata Motaqi.

Taliban telah menjanjikan pengampunan bagi semua warga Afghanistan yang sebelumnya bekerja sama dengan pasukan asing dan menentang kelompok itu. Meski begitu, masih banyak warga Afghanistan yang takut akan kebrutalan Taliban sehingga ingin melarikan diri keluar negeri. (*)

BERITA REKOMENDASI