Tampil Perdana, SD Muh Sokonandi Sabet Runner Up ‘Micro Drone Race’ di Malaysia

Editor: KRjogja/Gus

MALAYSIA, KRjogja.com – Tim Skorco SD Muhammadiyah Sokonandi menambah prestasi dalam ajang Internasional Islamic School Robot Olimpiad (IISRO) 2018 dan IIUM Robot Competition (IRC) di Malaysia. Kali ini Anak-anak Jogja ini berhasil mendapat penghargaan sebagai First Runner Up dan Second Runner up dalam kategori Micro Drone Racing.

Sebelumnya Tim Skorco berjaya memenangi lomba robotik kategori robot sumo sebagai juara 2 dan time rush sebagai juara 1. Dalam kategori Micro Drone Racing, First Runner Up dimenangkan oleh tim Skorco II yang diperkuat Nashem Halla Gilbratar (Halla), Deandra Kaylan Athalla (Dean) dan M. Dayyan Rifqi (Dayyan). Selanjutnya Second Runner Up disabet tim Skorco I yang diperkuat Indrastata Jingga Daniswara (Tata), Zaidan Putra Pratama (Zaidan) dan Rania Kiara Yasmin (Rania). 

"Luar biasa! Micro drone race adalah kategori baru yang diikuti anak-anak pertama kali. dari segi kemampuan dan persiapan kita kalah segalanya dengan anak-anak negara lain, namun alhamdulillah dengan semangat tinggi kita dapat meraih penghargaan ini," kata Taufik selaku orangtua siswa sekaligus pelatih drone race.

Lomba robotik kategori micro drone race adalah cabang baru balapan dengan menggunakan pesawat tanpa awak / drone yang dikendalikan menggunakan remote melalui rute yang didesain penuh halang rintang. Pilot mengendalikan drone dibantu navigator yang memandu rute dan jarak tempuh.

"Micro drone race adalah kategori robotik yang membutuhkan kemampuan konsentrasi, fokus dan keseimbangan motorik pada anak. selain itu anak juga harus mempunyai kemampuan teknis mekanik pesawat yang dioperasikan," katanya.

Taufik menambahkan Micro Drone Race diperkenalkan kepada anak sebagai hobi baru yang bermanfaat untuk meninggalkan kecanduan kepada game dan gadget. Jenis lomba ini mulai populer di Indonesia dan banyak even resmi digelar sebagai ajang mendulang prestasi dan penghargaan bagi anak. (Git)

BERITA REKOMENDASI