Tanah Longsor Landa Jepang

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJa.com – Jepang memerintahkan evakuasi 75 ribu warga setelah hujan lebat di kawasan barat Negeri Sakura memicu banjir dan longsor pada Sabtu (04/07/2020). Pemerintah daerah merilis perintah evakuasi ini karena hujan lebat terus mengguyur sejumlah daerah di Pulau Kyushu, seperti Kumamoto dan Kagoshima.

“Kami merilis perintah evakuasi setelah hujan lebat memecahkan rekor. Kami mendesak warga bertindak untuk melindungi diri karena hujan masih sangat deras,” ujar pejabat di prefektur Kumamoto.

Sejumlah cuplikan video di stasiun televisi Jepang memperlihatkan kendaraan terendam di tempat parkir di dekat sungai yang meluap, sementara sejumlah jembatan dilaporkan rusak.

Sementara itu, tim penyelamat masih mencari tiga orang yang menghilang setelah longsor mengubur rumah mereka di Kumamoto. Sekitar 100 orang juga masih terkurung di daerah tersebut.

Akibat bencana ini, sejumlah layanan kereta, termasuk Shinkansen, yang menghubungkan kawasan tersebut dengan daerah lainnya terpaksa dihentikan. (*)

BERITA REKOMENDASI