Tandingi Amerika, Rusia Miliki Senjata Hipersonik

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia akan segera memiliki alat untuk menangkal senjata hipersonik yang dikerahkan negara-negara lain. Putin juga menegaskan kembali bahwa negaranya berhasil menandingi Amerika Serikat dalam mengembangkan jenis senjata baru.

“Sangat mungkin bahwa kami akan memiliki sarana untuk memerangi senjata hipersonik pada saat negara-negara terkemuka di dunia memiliki senjata seperti itu,” kata Putin.

Senjata hipersonik dapat meluncur dengan jalur yang tidak terduga. Senjata jenis ini juga bisa bermanuver lebih tajam lagi saat mendekati target dan mengikuti lintasan yang jauh lebih datar dan lebih rendah dari sebuah rudal balistik.

Senjata hipersonik memiliki kecepatan hingga lima kali kecepatan suara. AS dan Rusia terus mengembangkan kemampuan pertahanan dan persenjataan mereka setelah perjanjian pengendalian senjata yang disepakati kedua negara di era Perang Dingin disetop. Keduanya membatalkan perjanjian itu terjadi menyusul relasi antara Washington dan Moskow terus memburuk.

Tahun lalu, Rusia mengerahkan rudal berkemampuan nuklir hipersonik pertamanya, sementara AS berencana mengembangkan kemampuan hipersonik senjatanya pada awal hingga pertengahan 2020-an. (*)

BERITA REKOMENDASI