Tangani Kebakaran Hutan Amazon, Inggris Sumbang Rp174 M

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Pemerintah Inggris menyatakan bakal menyumbang GBP10 juta (sekitar Rp174,5 miliar) untuk membantu penanganan kebakaran dan memulihkan kondisi hutan Amazon di Brasil. Peristiwa itu menarik perhatian dunia dan membuat Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, diberondong cemoohan karena dianggap bertanggung jawab.

"Dalam sepekan ini kita melihat hutan tropis Amazon terbakar, dan kita tidak bisa mengelak dari kenyataan turut merusak alam," kata Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Biarritz, Perancis.

Menurut Johnson, peristiwa ini seharusnya menjadi cambuk supaya masyarakat dunia ikut turun tangan menangani permasalahan lingkungan. "Kita tidak bisa menghentikan perubahan iklim tanpa melindungi lingkungan, dan kita tidak bisa mengembalikan kondisi alam tanpa menangkal perubahan iklim," ujar Johnson.

Pengumpulan sumbangan itu digagas oleh Presiden Perancis, Emmanuel Macron, di sela-sela KTT G7. Dia menyatakan bakal membantu negara-negara yang mengalami kebakaran hutan dan lahan. (*)

BERITA REKOMENDASI