Tangkal Drone Korut, Korsel Siapkan Senjata Baru

SEOUL (KRjogja.com) – Korea Selatan (Korsel) saat ini sedang mengembangkan senjata khusus yang akan digunakan untuk melawan drone milik Korea Utara (Korut). Dilaporkan, senjata tersebut akan memancarkan elektromagnetic pulse (EMP) atau denyutan elektromagnetik. 

Sebagai informasi EMP adalah ledakan energi elektromagnetik yang bisa disebabkan oleh buatan manusia ataupun secara alami. Ledakan energi ini kerap merusak peralatan elektronik yang berada di jangkauannya.

Sebagaimana dikutip dari Yonhap, Senin (28/11/2016) pembangkit EMP bertenaga tinggi tersebut sudah dikembangkan oleh Korsel. Senjata tersebut pertama kali diperlihatkan pada konferensi yang diadakan oleh Korea Institute of Military Science and Technology pada pekan lalu. 

Pengembangan senjata tersebut dilakukan oleh Agency for Defence Development (ADD) Korsel. Senjata ini disebut dapat mengirimkan gelombang EMP dan memadamkan perangkat elektronik yang menjadi targetnya. Russia Today mewartakan, senjata EMP ini penting untuk menangkal ancaman yang berasal dari luar Korsel, khususnya untuk melawan drone milik Korut. (*)

BERITA REKOMENDASI