Teknologi Pertanian Jadi Fokus Kerjasama Vietnam-RI

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto jajaki peningkatan kerja sama Indonesia dengan Vietnam dalam sektor industri.‎ Penjajakan ini dicapai usai Airlangga bertemu dengan Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam Nguyen Cam Tu yang membawa delegasi VEAM Corp di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kamis 25 Agustus 2016.

Airlangga menjelaskan, VEAM Corp merupakan BUMN di bawah Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam yang bergerak di bidang manufaktur, permesian dan alat pertanian, truk dan bis, serta komponen.

Dia menyatakan, ‎Indonesia akan membuka peluang kerja sama industri dengan Vietnam, khususnya pada pengembangan teknologi. “Hal ini didukung oleh fasilitas riset di sektor agro dan permesinan yang dimiliki balai-balai di bawah Kementerian Perindustrian," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Kerja sama kedua negara akan difokuskan pada industri permesinan yang berbasis di sektor pertanian. Alasannya, beberapa perusahaan di Indonesia sudah menguasai teknologi baik pra panen dan pasca panen.

“Indonesia juga menguasai teknologi pengolahan agrikultur untuk produk-produk seperti kakao, CPO, karet dan hortikultura. Di Indonesia ada asosiasi alat Mesin Pertanian Indonesia (alsintan) yang memiliki sebanyak 30 anggota," kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI