Temui Dubes Australia, Wapres JK Perkuat Kerjasama Antarnegara

JAKARTA – Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. 

Dalam kesempatan itu, Gary mengaku membincangkan berbagai hal diplomatik dengan JK dalam rangka menjaga hubungan baik Australia-Indonesia.

"Saya di sini sebagai dubes Australia yang baru, baru nyampe dua pekan lalu. Saya melakukan kunjungan kehormatan kepada para menteri, baru saja kepada wapres dan tadi pagi ke DPR untuk mendapatkan arahan terkait apa yang harus saya lakukan agar hubungan Indonesia-Australia semakin membaik dari tahun ke tahun," kata Gary usai bertemu JK, Senin (28/5/2018).

Gary menuturkan, pemimpin Indonesia dan Australia sudah semakin akrab dan banyak kesamaan pemikiran untuk meningkatkan kerjasama, baik di tingkat regional maupun global.

"Presiden Jokowi udah ke Australia Maret kemarin, dan PM saya (Australia) akan kembali berkunjung ke sini lagi tahun ini. Jadi, kami membahas mengenai kunjungan kedua pemimpin tersebut," tutur Gary.

Secara khusus, sambung dia, Gary dan JK membahas kerjasama ekonomi, hubungan dagang dan hubungan investasi antara Indonesia dan Australia.

"Kita perlu meningkatkan hubungan-hubungan itu dan juga menanggulangi tantangan dalam kerja sama ekonomi (CEPA), tim negosiasi kita sedang berunding saat ini, dan kami berharap dapat menyelesaikannya tahun ini," ujarnya.

"Perundingan itu melibatkan banyak hal dan Pak Wapres tertarik untuk mengawasi langsung perundingan kerja sama tersebut. Ya dan sekarang kita sedang bertukar draft dan catatan, dan mencari apa yang bisa kita lakukan untuk membuat kedua negara semakin baik lagi dalam memfinalisasikan kesepakatan itu beberapa bulan ke depan," pungkas Gary. (*)

BERITA REKOMENDASI