Tentara Amerika Buru Pemimpin ISIS

Editor: Ivan Aditya

SURIAH, KRJOGJA.com – Koalisi internasional di Suriah meluncurkan serangan terhadap salah satu pemimpin ISIS yang membunuh seorang warga Amerika Serikat pada Minggu (02/11/2018).

"Pasukan koalisi telah meluncurkan sejumlah serangan spesifik terhadap seorang pemimpin tinggi ISIS, Abou al Oumarayn, di gurun pasir di Suriah," ucap juru bicara koalisi internasional yang dipimpin AS, Sean Ryan.

Ryan mengatakan Oumaryn juga "terlibat langsung dalam eksekusi mati seorang warga Amerika Peter Kassig dan sejumlah tahanan lainnya yang diculik di Suriah pada 2013 lalu." Dia menuturkan Oumaryn mengeksekusi Kassig dan tahanan lainnya pada November 2014. Saat itu, Kassig berusia 26 tahun.

Peter Kassig merupakan seorang relawan yang mendirikan organisasi kemanusiaan di Suriah pada 2012. Tinggal di Suriah, Kassig memutuskan menjadi mualaf dan berganti nama menjadi Abdul Rahman.

Koalisi AS mulai mengintervensi perang Suriah dan Irak pada 2014 lalu, ketika ISIS terus berekspansi dan menguasai sebagian besar wilayah kedua negara tersebut. Belakangan kontrol ISIS semakin kendur seiring dengan kekalahan mereka di sejumlah wilayah utama seperti Raqqa dan Mosul.

Meski begitu hingga kini, ISIS masih menguasai sejumlah wilayah gurun di Suriah, terutama bagian timur negara itu. (*)

BERITA REKOMENDASI