Tentara Israel Bunuh Warga Palestina

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Militer Israel menembak mati Salah Omar Barghouti, warga Palestina tersangka penembakan di sebuah terminal bus dekat pemukiman Yahudi di Ofra, Tepi Barat, pada akhir pekan lalu. Aparat Badan Keamanan Israel, Shin Bet, menyatakan bahwa pria 29 tahun itu sempat berupaya kabur dalam penggerebekan sehingga aparat menembaknya hingga tewas.

]Namun, Shin Bet tak menjelaskan lebih lanjut peran Barghouti dalam penembakan ini, sebagai pelaku atau yang membantu melakukan aksi. Penembakan ini menjadi sorotan karena melukai enam warga Israel, termasuk seorang wanita hamil. Bayi dalam kandungan ibu tersebut kemudian dinyatakan meninggal.

Selain Barghouti, aparat juga dilaporkan menangkap sejumlah tersangka lain dalam penggerebekan tersebut. Pernyataan Shin Bet muncul beberapa jam setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersumpah menemukan dan mengadili pelaku penembakan yang melukai warganya itu.

Netanyahu mengutarakan komentar tersebut tak lama setelah rumah sakit di Yerusalem, Shaare Zedek, mengumumkan bahwa bayi laki-laki yang dikandung wanita dalam insiden itu meninggal.

Sang ibu terpaksa melahirkannya prematur setelah terkena tembakan. Ketika penembakan terjadi, usia kandungan perempuan tersebut 30 minggu. "Kami kehilangan bayi laki-laki yang baru lahir beberapa jam lalu, usianya empat hari," ucap Netanyahu.

Bayi tersebut dilaporkan dimakamkan di Bukit Zaitun Yerusalem, seberang Kota Tua. Sementara itu, sang ibu yang diketahui berusia 21 tahun dalam keadaan stabil. (*)

BERITA REKOMENDASI