Tentara Nigeria Bebaskan Ribuan Sandera Boko Haram

Editor: Ivan Aditya

NIGERIA, KRJOGJA.com – Militer membebaskan lebih dari 1.000 sandera Boko Haram di negara bagian Borno, timur laut Nigeria.

"Sebagian besar sandera adalah wanita adan anak-anak. Juga sejumlah pria muda yang dipaksa menjadi milisi Boko Haram," kata juru bicara militer Nigeria, Texas Chukwu dalam sebuah pernyataan.

Pada Maret, militer juga berhasil membebaskan lebih dari 100 anak sekolah yang diculik Boko Haram dari Dapchi, sebuah kota di negara bagian Yobe, Nigeria. Operasi militer yang digelar bersama tentara Kamerun dan Nigeria yang tergabung dalam Multinational Joint Task Force (MNJTF) berhasil membebaskan para sandera dari Malamkari, Amchaka, Walasa dan desa-desa Gora di wilayah pemerintah daerah Bama.

Kelompok teroris Boko Haram beroperasi di wilayah utara Nigeria seperti Yobe, Kano, Bauchi, Borno dan Kaduna. "Mereka yang diselamatkan kini mendapat perawatan di fasilitas militer," demikian pernyatan tersebut.

Boko Haram telah menculik lebih dari 1.000 anak-anak di Nigeria sejak 2013. Kelompok itu menuai kemarahan global setelah milisinya menculik 276 anak perempuan dari sekolah di Kota Chibok, negara bagian Borno pada 2014.

Beberapa anak perempuan tersebut dibebaskan tahun lalu setelah negosiasi antara pemerintah Nigeria dan Boko Haram. Belum jelas apakah siswa Chibok juga termasuk dari 1.000 sandera yang dibebaskan militer Nigeria kali ini. (*)

BERITA REKOMENDASI