Terapkan Lockdown, Victoria Kerahkan Pasukan Militer

MELBOURNE, KRJOGJA.com – Negara bagian kedua terpadat kedua Australia, Victoria pada Selasa (4/8/2020) mengatakan akan mengerahkan militer untuk menegakkan pembatasan Covid-19. Pihak berwenang juga mengatakan bahwa siapa pun yang terinfeksi Covid-19 dan ditemukan di luar rumah karena melanggar isolasi akan dikenai denda sebesar AUD20.000 (sekira Rp207 juta).

Victoria awal pekan ini memberlakukan jam malam, memperketat pembatasan pergerakan rakyat dan memerintahkan sebagian besar ekonomi lokal untuk menutup memperlambat penyebaran virus corona. Langkah itu diambil setelah Australia melihat lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, Perdana Menteri Victoria, Daniel Andrews mengatakan hampir sepertiga dari mereka yang telah dikonfirmasi terinfeksi Covid-19 tidak ada di rumah ketika diperiksa oleh para pejabat. Ini mendorong negara bagian untuk memberlakukan hukuman baru yang keras untuk menghentikan transmisi virus di masyarakat.

Andrews juga mengatakan 500 personel militer minggu ini akan dikerahkan ke Victoria untuk meningkatkan penegakan perintah isolasi diri. “Kebanyakan orang Victoria melakukan hal yang benar, tidak perlu dipertanyakan,” kata Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews sebagaimana dilansir BBC.

BERITA REKOMENDASI