Terkait Gempa Magnitudo 7,1 di California Selatan, Ini Imbauan KJRI LA

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – Gempa besar bermagnitudo 7,1 melanda California Selatan pada Jumat malam 5 Juli 2019, pukul 20.19 waktu setempat. Lindu itu merupakan guncangan susulan pasca magnitudo 6,2 yang terjadi pada Kamis.

Pusat gempa di California tersebut terletak di dekat Kota Ridgecrest, sekitar 100 mil dari Los Angeles, lapor portal berita daring LA Times. Guncangan ini merupakan yang terbesar di tempat itu dalam hampir dua dekade.

Menanggapi bencana gempa bumi tersebut, Konsulat Jenderal RI di Los Angeles mengeluarkan imbauan melalui media sosial beberapa menit setelah guncangan terjadi.

"Bagi warga masyarakat Indonesia di kawasan California Selatan dan sekitarnya, dengan adanya gempa susulan 7,1 M yang baru saja terjadi, diimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada," tulis KJRI melalui akun Twitter resminya.

"Segera hubungi 911 dan Hotline KJRI LA di (213) 590 8095 apabila terdapat kondisi darurat," lanjut imbauan tersebut.

KJRI Los Angeles pada Sabtu (6/7/2019), juga mengatakan bahwa pihaknya tengah memastikan tidakada WNI yang terdampak gempa di California.

"Kita juga melakukan kontak denga perwakilan masyarakat Indonesia di wilayah California Selatan dan Las Vegas di mana terdampak gempa, untuk memastikan tidak terdapat korban masyarakat Indonesia," kata KJRI. Bisa dicek di FB Fanpage (@kjrilosangeles), Twitter (@idnconsulatela) dn IG (@indonesianconsulatela).

Hingga saat ini, gempa di California Selatan yang bermagnitudo 7,1 telah memicu kebakaran, rusaknya jalan, serta beberapa orang cedera; menurut pihak berwenang dan warga setempat.

Megan Person, seorang direktur komunikasi untuk Departemen Pemadam Kebakaran Kern County, mengatakan adanya laporan bahwa beberapa orang luka serta terjadi kebakaran di beberapa tempat. Ia menambahkan, saat ini county telah membuka tempat penampungan darurat.

Selain kebakaran, longsor juga terjadi di State Route 178 di Kern County, sebagaimana dikutip dari The Guardian. Foto-foto dari sejumlah saksi mata menunjukkan bahwa jalan setapak di daerah itu telah tenggelam.

Petugas pemadam kebakaran San Bernardino County melaporkan bangunan yang retak dan satu luka ringan.

Namun hingga saat ini, pihak berwenang mengatakan tidak ada laporan korban tewas atau kerusakan besar akibat gempa di California Selatan yang terjadi Jumat malam. Kepala Pemadam Kebakaran Kern County David Witt mengatakan, saat ini ambulans telah disiagakan.(*)

BERITA REKOMENDASI