Ternyata Trump dan Xi Jinping Merupakan Teman Dekat

Editor: Ivan Aditya

AMERIMA, KRJOGJA.com – Mantan penasihat keamanan nasional Trump, John Bolton menuding Donald Trump meminta bantuan Presiden China Xi Jinping intuk memenangkan pemilihan presiden Amerika mendatang. Hal itu dituliskan Bolton dalam buku barunya yang akan dirilis pekan depan berjudul ‘The Room Where It Happened’.

Dalam buku itu Bolton mengatakan Trump juga mendukung China membangun kamp konsentrasi bagi etnis minoritas Muslim Uighur. Dukungan itu disebut dilontarkan Trump demi memuluskan permintaan terkait bantuan pemilu kepada Xi

Padahal, selama ini AS merupakan salah satu negara yang paling vokal menuduh China melakukan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur, terutama terkait dugaan pembangunan kamp-kamp tersebut oleh pemerintahan Xi.

Dukungan itu dinyatakan Trump saat bertemu Xi dalam sebuah rapat di sela-sela KTT G20 pada Juni 2019 lalu. Bolton menyebut Trump mengatakan Xi harus melanjutkan membangun kamp tersebut yang menurutnya adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Dalam percakapan dengan Xi, Trump diketahui juga sempat menyelipkan agenda politiknya untuk pemilu 2020. Menurut Bolton, Trump meminta kepada Xi agar China membeli produk petani dan ternak AS lebih banyak lagi. (*)

BERITA REKOMENDASI