Terori Temukan Corona Bisa Menular Lewat Udara

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sebanyak 239 ilmuwan di 32 negara menyatakan virus corona SARS-CoV-2 menular tidak hanya melalui percikan liur atau droplet. Mereka mengatakan virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 itu juga bisa menular lewat udara.

Para ilmuwan itu lantas mendorong badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk merevisi kebijakan mereka soal protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Dorongan yang disampaikan lewat surat terbuka itu terkait dengan temuan berbagai studi yang menyebut kalau Covid-19 menular lewat udara.

Dalam surat terbuka, ilmuwan sepakat penularan terjadi lewat percikan kecil liur yang bertahan di udara (airborne). Percikan yang tertahan dan melayang di udara itu bisa menularkan virus SARS-CoV-2 jika terhirup orang lain.

Rekomendasi itu berangkat dari banyak kasus penularan yang terjadi di bar, kasino, restoran, pasar, dan perkantoran. Terkait dengan hal itu, para ilmuwan menilai virus corona kemungkinan bisa menular di ruangan dengan ventilasi yang buruk, sehingga, penggunaan masker di dalam ruangan diperlukan meski sudah melakukan pengaturan jarak sosial. (*)

BERITA REKOMENDASI