Tersangka Bom NY Beli Bahan di Ebay

NEW YORK (KRjogja.com)  – Ahmad Khan Rahami (28) ditangkap anggota Kepolisian Amerika Serikat (AS) di Linden, New Jersey, karena diduga kuat terlibat aksi pengeboman di New York pada Selasa 20 September. Pengadilan federal rencananya mendakwa Rahami dengan empat tuduhan, termasuk membuat senjata pemusnah massal (bahan peledak) dan melakukan pengeboman. 

Sebelumnya pernah diwartakan bahwa residu bom yang digunakan pelaku ledakan di New York dan New Jersey memiliki sejumlah kemiripan. Bahan bakunya juga terbilang mudah didapat dari toko olahraga maupun penjual senjata api.

Usut punya usut, akhirnya FBI mengetahui kalau pemuda berdarah Afghanistan itu membeli bahan baku pembuatan bom panci bertekanan tingginya (presto) di situs penjualan daring eBay. Sebagaimana dilansir Telegraph, Rabu (21/9/2016), sebuah jurnal yang ditulis olehnya juga ditemukan dan berisi panduan untuk merakit bom serta cara melancarkan serangan yang lalu. 

Rahami menjalankan aksinya pada Sabtu 17 September. Dimulai dari bom pipa di New Jersey pada pukul 09.35. Tidak seorang pun terluka, namun acara amal setempat dibubarkan. Ledakan kedua melanda Manhattan, New York, pada pukul 20.30 dan melukai sedikitnya 29 orang. 

Masih pada Sabtu hampir tengah malam, polisi New York (NYPD) menemukan alat peledak berbentuk panci presto dan sebuah ponsel lipat empat blok jauhnya dari lokasi ledakan di Manhattan. Dua bom lainnya berhasil diamankan dari New Jersey. (*)

BERITA REKOMENDASI