Thailand Lockdown Bangkok

Editor: Ivan Aditya

THAILAND, KRJOGJA.com – Pemerintah Thailand memutuskan untuk mengunci total atau lockdown Kota Bangkok akibat lonjakan kasus virus corona. Hingga Sabtu (02/12/2020) positif Covid-19 di Thailand telah mencapai lebih dari 7.300 kasus yang menyebar di 53 kota.

Di Bangkok sendiri, ada lebih dari 2.600 kasus aktif. Sekolah-sekolah di kota Bangkok juga ditutup sementara selama dua pekan. Pemerintah akan membangun lusinan pos pemeriksaan di seluruh kota.

“Kami sebenarnya tidak ingin menggunakan tindakan ekstrem seperti lockdown dan memberlakukan jam malam, tapi kami membutuhkan cara yang lebih kuat untuk mencegah lonjakan baru,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Thailand, Taweesin Visanuyothin.

Pembatasan jam malam dan lockdown nasional rencananya mulai berlaku 4 Januari sampai 1 Februari 2021. Thailand sempat menjadi salah satu negara yang mampu menekan penyebaran Covid-19.

Pada September lalu, Thailand menjadi negara di Asia Tenggara yang tidak mencatatkan kasus baru infeksi virus corona dalam kurun waktu seratus hari.

Sejauh ini negara berpenduduk 70 juta orang tersebut memiliki beban kasus 3.427 pasien, dengan 58 kematian. Lebih dari 28 persen dari infeksi yang dilaporkan adalah kasus di luar negeri. (*)

BERITA REKOMENDASI