Tiga Vaksin Corona Lolos Uji Klinis Tahap Dua

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Uji coba tiga vaksin Covid-19 menunjukkan bisa memberikan respon pembentukan imun tubuh terhadap virus corona SARS-CoV-2. Ketiga vaksin itu tengah dalam pengujian klinis 1/2 dan dipublikasikan di The Lancet. Rilis ketiga vaksin ini masih dalam bentuk pracetak dan belum di ulas rekan sejawat (peer reviewed).

Tiga vaksin yang dimaksudyakni vaksin yang dikembangkan Universitas Oxford dan AstraZeneca, vaksin yang dikembangkan perusahaan China CanSino Biologics dan vaksin yang dikembangkan Pfizer and BioNTech.

Selain vaksin yang lulus uji klinis tahap dua, saat ini juga sudah ada vaksin yang tengah melakukan pengujian tahap 3 yaitu Vaksin hasil penelitian di Inggris dari Universitas Oxford/AstraZeneca, Vaksin hasil penelitian di China dari Wuhan Institute of Biological Products/Sinopharm, Vaksin hasil penelitian di Amerika Serikat dari Moderna, Vaksin hasil penelitian di China dari Sinovac Biotech, yang juga diuji di Indonesia.

Meski hasil uji coba fase 1/2 menjanjikan, namun masih diperlukan pengujian fase 3. Uji fase 3 dilakukan pada komunitas yang lebih besar untuk menguji kecocokan vaksin pada berbagai ras hingga usia manusia. (*)

BERITA REKOMENDASI