Tim Inspeksi WHO Terhalang Masuk China

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengungkapkan kekecewaannya karena ternyata pemerintah China belum menerbitkan izin masuk bagi tim gabungan hendak meneliti sumber virus corona.

“Saya mendapatkan informasi para pejabat China belum menyetujui izin bagi tim terpadu. Saya sudah mengontak pejabat senior pemerintah China dan menyatakan ini adalah misi utama bagi WHO saat ini,” kata Tedros.

Tedros menyatakan masing-masing anggota tim investigasi WHO sudah berangkat menuju China dari negara masing-masing. Akan tetapi, beberapa dari mereka tertahan karena pemerintah China belum menerbitkan izin.

“Saya sangat kecewa dengan kabar ini, karena dua anggota tim sudah berangkat dan ada beberapa yang tidak bisa berangkat di menit-menit akhir karena situasi ini,” ujar Tedros.

Kepala Darurat WHO, Mike Ryan, berharap pemerintah China tidak berlama-lama menerbitkan izin bagi tim inspeksi itu, karena misi tersebut sangat penting untuk mengungkap asal mula pandemi.

“Kami meyakini dan berharap hal ini hanya persoalan birokrasi dan logistik yang bisa diselesaikan dengan segera. Kami meyakini hal ini akan selesai dalam beberapa jam,” ujar Ryan. (*)

BERITA REKOMENDASI