Tim Pelantikan Trump Diperiksa

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Komite pelantikan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dilaporkan sedang diperiksa atas dugaan pelanggaran keuangan terkait dana donasi lebih dari US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun yang digalang untuk gelaran pada 2017 tersebut.

Kabar penyelidikan ini pertama kali terkuak melalui pemberitaan The Wall Street Journal pada Kamis (13/12/2018). Mengutip sejumlah pejabat, The Wall Street Journal melaporkan bahwa kasus tersebut sedang ditangani oleh kantor Jaksa Agung Amerika Serikat di Washington.

Sejumlah pejabat juga mengatakan bahwa penyelidik sedang mendalami dugaan komite tersebut menerima donasi dari beberapa individu yang ingin memiliki pengaruh atau akses ke pemerintahan Trump.

The Wall Street Journal menulis bahwa "memberikan uang demi keuntungan politik" dinilai ilegal karena komite itu terdaftar sebagai lembaga non-profit. Membantah pemberitaan ini, komite pelantikan Trump merilis pernyataan berbunyi, "Kami tak mengetahui ada penyelidikan dan tidak dihubungi oleh penyelidik mana pun. Kami tak punya bukti bahwa penyelidikan ini benar-benar ada." (*)

BERITA REKOMENDASI