Tiongkok Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan Pekan Ini

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China mengumumkan akan melakukan latihan perang di Laut China Selatan (LCS) pekan ini di tengah memanasnya ketegangan dengan Amerika Serikat. Badan Keselamatan Maritim China mengatakan perairan tenggara Pulau Hainan akan ditutup untuk latihan mulai Senin hingga Sabtu mendatang.

China juga mengatakan akan mengadakan latihan terpisah di Laut Bohai dari Senin hingga 30 September dan latihan lainnya, termasuk latihan tembak-menembak di Laut Kuning dari Sabtu hingga Rabu pekan depan.

Dalam latihan perang tersebut, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan mengadakan latihan berskala besar. Militer China memperkirakan bahwa latihan itu dapat menampilkan latihan anti-kapal, pertahanan udara, dan anti-kapal selam untuk mempersiapkan kemungkinan konflik militer dengan Amerika Serikat.

China telah meningkatkan kecepatan latihan perangnya dalam beberapa pekan terakhir, setelah AS mengirim dua armada penyerang dan kapal induk di LCS sebanyak dua kali pada Juli lalu. Juli lalu, China melakukan latihan militer di LCS. (*)

BERITA REKOMENDASI