Tiongkok Kerahkan Pesawat Pengebom Nuklir ke Laut China Selatan

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Angkatan Udara China mendaratkan sejumlah pesawat pengebomnya ke beberapa pulau di Laut China Selatan. Aktivitas ini merupakan salah satu bagian dari latihan militer Beijing di perairan sengketa itu.

"Satu divisi dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) baru-baru ini mengadakan latihan lepas landas dan mendarat sejumlah pesawat pengebom seperti H-6K di pulau-pulau dan terumbu karang di Laut China Selatan," bunyi pernyataan militer China.

Lewat akun mikroblog Weibo PLAAF, Beijing menyatakan para pilot H-6K melakukan latihan serangan terhadap sejumlah sasaran di perairan. Mereka juga melakukan latihan pendaratan dan lepas landas di pulau-pulau kecil di wilayah itu.

China menegaskan latihan militer tersebut bersifat bertahan. Beijing juga menekankan angkatan bersenjatanya dapat melakukan apa saja yang diinginkannya di wilayah sendiri.

AS mengecam latihan militer itu sebagai upaya China menegaskan klaimnya atas perairan yang kaya akan sumber daya mineral. Klaim Beijing dipersoalkan karena tumpang tindih dengan sejumlah negara lain seperti Taiwan, Filipina, Vietnam, Brunei, dan Malaysia. (*)

BERITA REKOMENDASI