Tiongkok Usir Kapal Perang Amerika di Laut China Selatan

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Militer Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) atau militer China dilaporkan mengusir kapal perang Amerika Serikat yang menerobos masuk ke Kepulauan Xisha atau Paracel di Laut China Selatan.

Juru Bicara Komando Teater Selatan PLA Kolonel Senior Li Huamin mengatakan operasi Amerika di tengah pandemi virus corona menunjukkan bahwa mereka merupakan sumber sabotase perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan.

Komando Teater Selatan PLA mengorganisir pasukan angkatan laut dan udara untuk membuntuti USS Mustin yang masuk secara ilegal ke perairan teritorial China tanpa izin pada Kamis. PLA mengikuti, dan mengidentifikasi kapal tersebut, kemudian memperingatkan dan mengusirnya.

Kepulauan Paracel terletak di antara garis pantai Vietnam dan China. Kepulauan itu terdiri dari 30 pulau yang menyebar dan dikendalikan oleh Beijing tetapi juga diklaim oleh Taipei dan Hanoi.

Tiongkok mengaku sebagai pemilik hampir seluruh kawasan Laut China Selatan, perairan di mana Vietnam, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Indonesia juga memiliki klaim. (*)

BERITA REKOMENDASI